Selasa, 26 April 2016

Mekanisme Klaim Asuransi dan Mendapatkan Mobil Pengganti



Proses klaim Asuransi Mobil Terbaik bisa mengikuti prosedur yang ditetapkan oleh pihak asuransi. Normalnya, Anda tinggal menghubungi melalui Call Center pihak asuransi dan melengkapi berkas yang dibutuhkan. Nah, pertanyaannya bagaimana dengan mobil pengganti saat kendaraan Anda diservis? Simak tips berikut ini:

1. Simpan Polis di Mobil dan catat nomor klaim
Ada baiknya Anda senantiasa membawa salinan polis asuransi di dalam laci mobil. Untuk memudahkan proses klaim pada saat mengajukan klaim ke customer service perusahaan asuransi, maka Anda akan mendapatkan nomor klaim atau tiket klaim. Pastikan Anda mendapatkan nomor ini untuk memudahkan proses dan sebagai bukti Anda telah melakukan klaim asuransi mobil.

2. Tanyakan ke bengkel rekanan berapa lama waktu estimasi pengerjaan
Bengkel rekanan hanya butuh beberapa saat untuk memeriksa kendaraan Anda dan melakukan kalkulasi berapa lama waktu proses pengerjaan. Jangan lupa untuk menanyakan estimasi waktu supaya Anda bisa memprediksi butuh berapa lama menggunakan mobil pengganti agar tidak melebihi batas waktu penggunaan mobil pengganti tersebut. Pertimbangkan pula situasi dan kondisi bengkel rekanan apakah banyak antrian atau bisa langsung dikerjakan. Jika ramai, maka Anda perlu bersabar dan menanyakan kapan mobil Anda bisa ditangani oleh mekanik bengkel sehingga Anda bisa ikut mengawasi proses pengerjaan sehingga tidak molor.

3. Pahami prosedur dan syarat mendapatkan Mobil pengganti
Setelah Anda mendapatkan informasi dari bengkel rekanan tentang estimasi waktu pengerjaan perbaikan kendaraan di bengkel, maka langkah berikutnya Anda lakukan konfirmasi ke pihak asuransi. Pihak asuransi rata-rata hanya mau memberikan mobil pengganti jika kendaraan Anda harus menginap di bengkel. Estimasi lama pengerjaan dari bengkel rekanan ini akan menjadi persyaratan mendapatkan kendaraan pengganti. Saat ini maskapai asuransi sering bersaing dalam layanan mobil pengganti ini karena menjadi nilai tambah yang sangat menentukan pilihan nasabah untuk membeli sebuah produk asuransi. Jangan lupa, Anda juga perlu menanyakan seberapa besar biaya yang harus Anda keluarkan untuk biaya bengkel tersebut. Buat daftar spare part atau komponen apa saja yang diganti dan bagian mana saja yang diperbaiki untuk kelebgkapan membuat laporan ke maskapai asuransi.

Prosedur umum klaim Asuransi untuk mendapatkan Mobil pengganti sebagai berikut:

  1. Anda harus memastikan bahwa nomor klaim sudah ada. Jangan memasukkan mobil ketika belum muncul nomor klaim karena nomor klaim artinya surat perintah kerja dari asuransi sudah turun artinya proses klaim Anda sudah disetujui oleh maskapai asuransi.
  2. Biasanya perusahaan asuransi mempunyai syarat untuk mendapatkan mobil pengganti adalah minimal 2 hari proses pengerjaan di bengkel.
  3. Anda harus memastikan bahwa pihak bengkel bisa langsung mengerjakan saat mobil Anda masuk ke bengkel supaya cepat selesai. Perlu diingat biasanya perusahaan asuransi hanya member tenggang waktu 5 hari kalender untuk membawa mobil pengganti. Diluar masa pakai mobil pengganti, Anda akan dianggap sewa mobil tersebut.
#Asuransi88 #AsuransiMobil #MobilkuAman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar